Catatan Mengenai Makro Ekonomi Indonesia

Jika kita merujuk dari data perekonomian 2011, kita patut bangga dengan keberhasilan yang dapat dicapai. Bagaimana tidak, disaat negara lain mengalami perlambatan pertumbuhan, Indonesia malah muncul sebagai negara yang sukses menjaga instrument ekonominya sa;ah satunya lewat kebijakan fiskal dan moneter. Bahkan The Economist menobatkan Indonesia sebagai negara yang memiliki fundamental ekonomi yang baik dan terjaga dari krisis global. Penghargaan yang sangat layak atas kinerja perekonomian Indonesia. Tak cukup sampai disitu, kinerja pasar modal kita pun cukup menggembirakan. Ini dibuktikan dengan penghargaan bagi IDX sebagai pasar modal terbaik ketiga di dunia setelah Dow Jones dan Fhilipina. Fitch Ratings yang merupakan salah satu lembaga pemeringkat hutang memberikan status Investment Grade kepada Indonesia. Disusul Moodys dan diharapkan di Kuartal I 2012 ini Standard and Poor’s ikut memberikan status Investment Grade. Informasi saja, Indonesia berhasil mendapatakan status Investment Grade setelah 14 tahun lamanya menunggu.

Namun sayang, keberhasilan dibidang makro ekonomi ini kerap dianggap tidak penting bahkan sebelah mata. Memang, keberhasialn makro ekonomi tidak serta merta membuat ekonomi mikro dan sektor riil bakal langsung terasa seketika. Butuh waktu untuk menterjemahkan keberhasilan ekonomi makro ini kedalam ekonomi mikro dan sektor riil. Tetapi yang harus diingat, pengaruh ekonomi makro juga relatif besar. Bayangkan saja jika pertumbuhan 0% atau inflasi 500% seperti zaman orde lama, anda tidak akan bisa memungkiri pentingnya ekonomi makro.

Bagi sebagian pihak memang tidak merasakan keberhasilan ekonomi makro Indonesia, tapi tidak bisa dipungkiri saat ini telah muncul dan meningkat secara signifikan kelas menengah yang berhasil menipiskan distorsi dari kalangan kelas atas dengan kalangan kelas bawah. Pertumbuhan kendaraan bermotor kini di dominasi pembeli kelas menengah. Penumpang moda transportasi udara kini di kuasai mayoritas kelas menengah. Munculnya hotel-hotel di tempat pariwisata, ramainya tempat wisata, berjamurnya pusat pembelanjaan dan tempat hiburan tidak lepas dari meningkatnya kalangan kelas menengah.

Ini artinya keberhasilan ekonomi makro Indonesia salah satu bukti nyatanya adalah kebangkitan kelas menengah yang perlahan tapi pasti menipiskan distorsi kalangan atas dan kalangan bawah. Ini momentum yang baik untuk proses reformasi di negeri ini. Keberhasilan ekonomi makro ini harus terus didorong agar semakin banyak kelas menengah yang muncul untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia serta mengurangi jumlah masyarakat kelas bawah.

Sekian,

Muhammad Gozyali

Posted from WordPress for BlackBerry.

Iklan

Tag:, , , ,

About ghemaverik

Loves the Journey

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: